Bidang Pengembangan
- Aqidah;
B. Fiqh (Akhlak, sosial dan kemandirian);
C. Bahasa Arab;
D. Al Qur’an;
E. As Sunnah;
F. Siroh Rasul;
G. Sejarah Kaum Muslimin. - Bidang Pengembangan Aqidah
- Anak dapat mengenal aspek rukun iman;
- Anak dapat mengenal 5 aspek rukun islam dan cara beramal sholeh.
- Anak Dapat Mengenal Aspek Rukun Iman
- Anak dapat menyebutkan ciptaan Allah dan sifat-sifat-Nya;
- Anak dapat menyebutkan nama malaikat dan tugas-tugas-Nya;
- Anak dapat menyebutkan beberapa nama nabi dan rosul;
- Anak dapat menyebutkan nama kitab suci umat islam;
- Anak dapat mempercayai adanya hari akhir dan taqdir.
- Anak Dapat Menyebutkan Ciptaan Allah dan Sifat-sifat-Nya.
- Anak mengenal dan percaya adanya Allah sebagai Al Khaliq (pencipta);
- Anak mampu menyebutkan beberapa ciptaan Allah;
- Anak dapat melafadzkan dan hafidz kalimat tauhid;
- Anak mengenal beberapa sifat Allah (Asmaul husna);
- Anak tertarik dalam beraktifitas untuk mendapat keridoan Allah;
- Anak biasa bersyukur kepada Allah ketika mendapatkan banyaknya kenikmatan yang Allah berikan.
- Anak Dapat Menyebutkan Nama Malaikat dan Tugas-tugasnya
- Anak mampu menyebutkan 10 nama malaikat dan tugas-tugasnya.
- Anak Dapat Menyebutkan Beberapa Nama Nabi dan Rasul
- Anak mengenal nama beberapa nabi dan rosul;
- Anak mengenal dan percaya Muhammad Saw sebagai nabi dan rasul terakhir.
- Anak Dapat Menyebutkan Nama Kitab Suci Umat Islam
- Anak mengenal Al Qur’an sebagai kitab suci umat islam.
- Anak Dapat Mempercayai Adanya Hari Akhir dan Taqdir
- Mengenal adanya hari kiamat serta mengenal dan percaya adanya taqdir.
- Hasil Belajar Anak Dapat Mengenal 5 Aspek Rukun Islam dan Cara Beramal Shaleh
- Anak dapat mengucapkan dua kalimah syahadat;
- Anak dapat melakukan gerakan shalat 5 waktu;
- Anak dapat mengenal arti zakat, shodaqoh dan puasa.
- Anak Dapat Mengucapkan Dua Kalimah Syahadat
- Anak mampu mengucapkan syahadat bagi Allah dan syahadat bagi rasul.
- Anak Dapat Melakukan Gerakan Shalat 5 Waktu
- Anak mengenal tahapan gerakan dalam shalat, mengenal waktu shalat dan jumlah rakaatnya dan mengenal bacaan shalat.
- Anak Dapat Mengenal Arti Zakat, Shodaqoh dan Puasa
- Anak mengenal praktek zakat fitrah;
- Anak terbiasa melakukan shodaqoh;
- Anak mengenal arti puasa secara benar;
- Anak mengenal praktek berpuasa sampai pukul 10.00.
- Bidang Pengembangan Fiqh (Akhlaq, Sosial dan kemandirian)
- Anak memiliki akhlaqul karimah dalam aktivitas sehari-hari.
- Anak dapat mengenal tata cara berakhlaqul karimah kepada Allah;
- Anak dapat mengenal tata cara berakhlaq/ berperilaku terhadap sesama;
- Anak dapat mengenal tata cara berakhlaq/ berperilaku terhadap binatang dan alam;
- Anak dapat mengurus diri sendiri;
- Anak dapat menunjukkan rasa percaya diri dan bertanggung jawab, disiplin dan berani;
- Anak mulai menunjukkan kepedulian terhadap orang lain.
- Anak Dapat Mengenal Tata Cara Berakhlaqul Karimah kepada Allah
- Anak mampu menirukan suara adzan dan iqomah;
- Anak berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan;
- Anak mengucapkan kalimat thoyyibah setelah mendengar, melakukan dan melihat sesuatu.
- Anak Dapat Mengenal Tata Cara Berakhlaq/ Berperilaku terhadap Sesama
- Anak berdo’a untuk kedua orang tua;
- Anak mengucap maaf, minta tolong dan terima kasih;
- Anak mampu menyatakan bersalah;
- Anak mengekspresikan emosi secara wajar;
- Anak tidak mengganggu teman yang sedang melakukan kegiatan;
- Anak selalu bersikap ramah dan sopan;
- Anak tidak cepat marah;
- Anak mau saling membantu sesama teman;
- Anak sabar menunggu giliran;
- Anak senang memberi makan binatang;
- Anak senang menyiram tanaman;
- Anak senang menggunakan air seperlunya.
- Anak Dapat Mengurus Diri Sendiri
- Anak mencuci dan mengeringkan tangan sendiri;
- Anak makan sendiri, ke kamar mandi sendiri dan minum sendiri dengan gelas;
- Anak membuka pintu sendiri;
- Anak menutup pintu sendiri;
- Anak memilih pakaian sendiri;
- Anak membuka dan memasang pakaian sendiri;
- Anak menyisir rambut sendiri;
- Anak membersihkan kotoran sendiri;
- Anak menggosok gigi sendiri;
- Anak memakai sepatu sendiri;
- Anak pergi main ke rumah teman sendiri;
- Anak pergi tidur sendiri;
- Anak bangun tidur sendiri;
- Anak membersihkan tempat tidur sendiri;
- Anak melipat selimut sendiri;
- Anak merapihkan mainan sendiri;
- Anak menyimpan sepatu dan pakaian di tempatnya dengan rapi.
- Anak Dapat Menunjukkan Rasa Percaya Diri dan Bertanggung Jawab, Disiplin dan Berani
- Anak mengerjakan tugas sendiri;
- Anak menunjukkan kebanggaan terhadap hasil kerjanya;
- Anak mengerjakan tugas yang diberikan guru;
- Anak mengerjakan tugas sampai tuntas;
- Anak mengetahui barang milik sendiri dan orang lain;
- Anak melaksanakan tata tertib yang ada di sekolah;
- Anak mengikuti aturan permainan;
- Anak mengembalikan mainan pada tempatnya;
- Anak membuang sampah pada tempatnya;
- Anak tepat waktu saat berangkat sekolah.
- Anak Mulai Menunjukkan Kepedulian terhadap Orang Lain
- Anak menggunakan barang milik orang lain dengan hati-hati;
- Anak mau berbagi miliknya, misalnya mau berbagi makanan dan minuman;
- Anak mau meminjamkan miliknya dengan senang hati;
- Menunjukkan rasa empati terhadap orang lain.
- Bidang Pengembangan Bahasa Arab
- Anak dapat mengenal huruf hijaiyah dan kata dalam bahasa arab.
- Anak dapat mengenal huruf hijaiyah;
- Anak dapat mengenal bahasa arab sederhana.
- Anak Dapat Mengenal Huruf Hijaiyah
- Anak mengenal huruf hijaiyah;
- Anak mampu menyebutkan huruf hijaiyah sesuai dengan makhrojnya;
- Anak dapat menebalkan/menulis huruf hijaiyah;
- Anak iqro/qiroati.
- Anak Dapat Mengenal bahasa Arab Sederhana
- Anak dapat mengenal beberapa kata dalam Bahasa Arab.
Oleh : Ni’mah Sakinah
Profil Penulis: Beliau adalah Ibu Rumah Tangga (Ibu dari 4 orang anak); Pendidik di Home Schooling Group Khoiru Ummah 38 (HSG KU 38) Kota Sukabumi -Setingkat SD-; Pendidik di Madrasah Ibtida’iyah Mesjid Jami Sa’adatul Ummah; Pengisi Tetap Radio Siaran Pemerintah Daerah Sukabumi Citra Lestari 102,8 FM acara Kajian Islam Remaja (Kisra) On The Sky.
(fauziya/muslimahzone.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar