Rabu, 28 Oktober 2015

Kurikulum Pendidikan Berbasis Akidah Islam: Bunda dan Sang Buah Hati (Part 2)

KEMAMPUAN SYAKHSIYAH DAN TSAQOFAH ISLAM
Bidang Pengembangan
  1. Aqidah;
    B. Fiqh (Akhlak, sosial dan kemandirian);
    C. Bahasa Arab;
    D. Al Qur’an;
    E. As Sunnah;
    F. Siroh Rasul;
    G. Sejarah Kaum Muslimin.
  2. Bidang Pengembangan Aqidah
Kemampuan Dasar
  • Anak dapat mengenal aspek rukun iman;
  • Anak dapat mengenal 5 aspek rukun islam dan cara beramal sholeh.
Hasil Belajar
  1. Anak Dapat Mengenal Aspek Rukun Iman
  • Anak dapat menyebutkan ciptaan Allah dan sifat-sifat-Nya;
  • Anak dapat menyebutkan nama malaikat dan tugas-tugas-Nya;
  • Anak dapat menyebutkan beberapa nama nabi dan rosul;
  • Anak dapat menyebutkan nama kitab suci umat islam;
  • Anak dapat mempercayai adanya hari akhir dan taqdir.
Indikator Perkembangan
  • Anak Dapat Menyebutkan Ciptaan Allah dan Sifat-sifat-Nya.
  • Anak mengenal dan percaya adanya Allah sebagai Al Khaliq (pencipta);
  • Anak mampu menyebutkan beberapa ciptaan Allah;
  • Anak dapat melafadzkan dan hafidz kalimat tauhid;
  • Anak mengenal beberapa sifat Allah (Asmaul husna);
  • Anak tertarik dalam beraktifitas untuk mendapat keridoan Allah;
  • Anak biasa bersyukur kepada Allah ketika mendapatkan banyaknya kenikmatan yang Allah berikan.
  • Anak Dapat Menyebutkan Nama Malaikat dan Tugas-tugasnya
  • Anak mampu menyebutkan 10 nama malaikat dan tugas-tugasnya.
  • Anak Dapat Menyebutkan Beberapa Nama Nabi dan Rasul
  • Anak mengenal nama beberapa nabi dan rosul;
  • Anak mengenal dan percaya Muhammad Saw sebagai nabi dan rasul terakhir.
  • Anak Dapat Menyebutkan Nama Kitab Suci Umat Islam
  • Anak mengenal Al Qur’an sebagai kitab suci umat islam.
  • Anak Dapat Mempercayai Adanya Hari Akhir dan Taqdir
  • Mengenal adanya hari kiamat serta mengenal dan percaya adanya taqdir.

  1. Hasil Belajar Anak Dapat Mengenal 5 Aspek Rukun Islam dan Cara Beramal Shaleh
  • Anak dapat mengucapkan dua kalimah syahadat;
  • Anak dapat melakukan gerakan shalat 5 waktu;
  • Anak dapat mengenal arti zakat, shodaqoh dan puasa.
Indikator Perkembangan
  • Anak Dapat Mengucapkan Dua Kalimah Syahadat
  • Anak mampu mengucapkan syahadat bagi Allah dan syahadat bagi rasul.
  • Anak Dapat Melakukan Gerakan Shalat 5 Waktu
  • Anak mengenal tahapan gerakan dalam shalat, mengenal waktu shalat dan jumlah rakaatnya dan mengenal bacaan shalat.
  • Anak Dapat Mengenal Arti Zakat, Shodaqoh dan Puasa
  • Anak mengenal praktek zakat fitrah;
  • Anak terbiasa melakukan shodaqoh;
  • Anak mengenal arti puasa secara benar;
  • Anak mengenal praktek berpuasa sampai pukul 10.00.
  1. Bidang Pengembangan Fiqh (Akhlaq, Sosial dan kemandirian)
Kemampuan Dasar
  • Anak memiliki akhlaqul karimah dalam aktivitas sehari-hari.
Hasil Belajar
  • Anak dapat mengenal tata cara berakhlaqul karimah kepada Allah;
  • Anak dapat mengenal tata cara berakhlaq/ berperilaku terhadap sesama;
  • Anak dapat mengenal tata cara berakhlaq/ berperilaku terhadap binatang dan alam;
  • Anak dapat mengurus diri sendiri;
  • Anak dapat menunjukkan rasa percaya diri dan bertanggung jawab, disiplin dan berani;
  • Anak mulai menunjukkan kepedulian terhadap orang lain.
Indikator Perkembangan
  • Anak Dapat Mengenal Tata Cara Berakhlaqul Karimah kepada Allah
  • Anak mampu menirukan suara adzan dan iqomah;
  • Anak berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan;
  • Anak mengucapkan kalimat thoyyibah setelah mendengar, melakukan dan melihat sesuatu.
  • Anak Dapat Mengenal Tata Cara Berakhlaq/ Berperilaku terhadap Sesama
  • Anak berdo’a untuk kedua orang tua;
  • Anak mengucap maaf, minta tolong dan terima kasih;
  • Anak mampu menyatakan bersalah;
  • Anak mengekspresikan emosi secara wajar;
  • Anak tidak mengganggu teman yang sedang melakukan kegiatan;
  • Anak selalu bersikap ramah dan sopan;
  • Anak tidak cepat marah;
  • Anak mau saling membantu sesama teman;
  • Anak sabar menunggu giliran;
  • Anak senang memberi makan binatang;
  • Anak senang menyiram tanaman;
  • Anak senang menggunakan air seperlunya.
  • Anak Dapat Mengurus Diri Sendiri
  • Anak mencuci dan mengeringkan tangan sendiri;
  • Anak makan sendiri, ke kamar mandi sendiri dan minum sendiri dengan gelas;
  • Anak membuka pintu sendiri;
  • Anak menutup pintu sendiri;
  • Anak memilih pakaian sendiri;
  • Anak membuka dan memasang pakaian sendiri;
  • Anak menyisir rambut sendiri;
  • Anak membersihkan kotoran sendiri;
  • Anak menggosok gigi sendiri;
  • Anak memakai sepatu sendiri;
  • Anak pergi main ke rumah teman sendiri;
  • Anak pergi tidur sendiri;
  • Anak bangun tidur sendiri;
  • Anak membersihkan tempat tidur sendiri;
  • Anak melipat selimut sendiri;
  • Anak merapihkan mainan sendiri;
  • Anak menyimpan sepatu dan pakaian di tempatnya dengan rapi.
  • Anak Dapat Menunjukkan Rasa Percaya Diri dan Bertanggung Jawab, Disiplin dan Berani
  • Anak mengerjakan tugas sendiri;
  • Anak menunjukkan kebanggaan terhadap hasil kerjanya;
  • Anak mengerjakan tugas yang diberikan guru;
  • Anak mengerjakan tugas sampai tuntas;
  • Anak mengetahui barang milik sendiri dan orang lain;
  • Anak melaksanakan tata tertib yang ada di sekolah;
  • Anak mengikuti aturan permainan;
  • Anak mengembalikan mainan pada tempatnya;
  • Anak membuang sampah pada tempatnya;
  • Anak tepat waktu saat berangkat sekolah.
  • Anak Mulai Menunjukkan Kepedulian terhadap Orang Lain
  • Anak menggunakan barang milik orang lain dengan hati-hati;
  • Anak mau berbagi miliknya, misalnya mau berbagi makanan dan minuman;
  • Anak mau meminjamkan miliknya dengan senang hati;
  • Menunjukkan rasa empati terhadap orang lain.
  1. Bidang Pengembangan Bahasa Arab
Kemampuan Dasar
  • Anak dapat mengenal huruf hijaiyah dan kata dalam bahasa arab.
Hasil Belajar
  • Anak dapat mengenal huruf hijaiyah;
  • Anak dapat mengenal bahasa arab sederhana.
Indikator Perkembangan
  • Anak Dapat Mengenal Huruf Hijaiyah
  • Anak mengenal huruf hijaiyah;
  • Anak mampu menyebutkan huruf hijaiyah sesuai dengan makhrojnya;
  • Anak dapat menebalkan/menulis huruf hijaiyah;
  • Anak iqro/qiroati.
  • Anak Dapat Mengenal bahasa Arab Sederhana
  • Anak dapat mengenal beberapa kata dalam Bahasa Arab.
(bersambung)
Oleh : Ni’mah Sakinah
Profil Penulis: Beliau adalah Ibu Rumah Tangga (Ibu dari 4 orang anak); Pendidik di Home Schooling Group Khoiru Ummah 38 (HSG KU 38) Kota Sukabumi -Setingkat SD-; Pendidik di Madrasah Ibtida’iyah Mesjid Jami Sa’adatul Ummah; Pengisi Tetap Radio Siaran Pemerintah Daerah Sukabumi Citra Lestari 102,8 FM acara Kajian Islam Remaja (Kisra) On The Sky.
(fauziya/muslimahzone.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar